10 Daftar Tempat Wisata Di Kota Sibolga Paling Rekomendasi

10 Daftar Tempat Wisata Di Kota Sibolga Paling Rekomendasi

visitsumut.id - Bicara Kotamadya Sibolga pasti untuk orang Sumut yang terbayang pertama kali adalah pantainya yang indah. Tidak salah lagi Sibolga menjadi salah satu daerah dengan pantai baratnya yang indah di Sumatera Utara.


Perlu diketahui Sumatera Utara dulu memiliki tiga kersedinan, diantaranya Keresidenan Aceh, Keresidenan Sumatera Timur, dan Keresidenan Tapanuli. 

Nah untuk Keresidenan Tapanuli, Kota Madya Sibolga menjadi ibukota-nya. Jadi Kota Madya Sibolga pasti memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Di Artikel kali ini, saya akan memberikan 10 Daftar Tempat Wisata Di Kota Sibolga Yang Wajib Dikunjungi.

10 Daftar Tempat Wisata Di Kota Sibolga Paling Rekomendasi


1. Pantai Pandan


Siapa yang tidak kenal dengan pantai panda. Pantai Pandan menjadi pantai yang paling populer di Sibolga. Birunya air laut dengan deburan ombaknya, menjadikan pantai pandan semakin menarik. Luas lautnya sejauh mata memandang. Dan teman-teman akan melihat sebuah gunung ditengah lautan.

Bagi teman-teman pecinta cerita legenda gunung yang ada ditengah laut itu ada cerita legendanya loh. 

Bagi teman-teman yang datang dan berkunjung ke Pantai Pandan, disekitar pantai banyak terdapat tempat makan dan restoran yang menyediakan berbagai macam menu termasuk masakan khas sibolga.

Selain itu jika sobat tidak ingin cepat-cepat meninggalkan pantai, disini juga tersedia penginapan dan hotel yang dijamin aman untuk kantong teman-teman.

Lokasi Pantai Pandan: 


2. Pulau Poncan Gadang


Bicara tentang Pulau Poncan Gadang (besar) maka tidak terlepas dengan goa-goa Jepang yang sangat ada di pulau ini. Tidak sembarang goa, konon kabarnya, menurut cerita dari masyarakat sekitar banyak jasad dari tentara Jepang di goa tersebut dan belum dikeluarkan sampai sekarang.

Pulau Poncan Gadang menawarkan panorama alam yang sejuk, nyaman dan damai. Kicauan burung disambut suara laut akan menenangkan pikiran teman-teman.

Tenang saja disini banyak terdapat penginapan dan resort yang bisa menyempurnakan liburan sobat. Jadi jika ingin menginap tidak akan susah lagi mencarinya, harganya juga bervariasi tergantung dari keinginan sobat.

Lokasi Pulau Poncan Gadang


3. Pulau Poncan Ketek


Jika tadi adalah Pulau Poncan Gadang, yang ini adalah Poncan Ketek (kecil) yang tempat kedua pulau ini sangat berdekatan. Yang akhirnya membuat para pengunjung.mengira ini adalah pulau yang kembar.

Bicara keindahan Poncan Ketek tidak bisa diremehkan, bahkan bisa bersaing dengan keindahan panorama alam yang ada di Poncan Gadang. 

Fasilitas disini memang tidak selengkap yang ada di Poncan Gadang. Karena bisa dilihat dari ukuran pulaunya yang lebih kecil.

Lokasi Pulau Poncan Ketek


4. Pulau Mursala


Pulau Mursala terkenal menjadi objek wisata sewaktu pembuatan film Hollywood yang berjudul Kingkong.

Namun jauh sebelum itu Pulau Mursala sudah menjadi tujuan wisatawan karena selain keindahannya. Di sini terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut dan menjadi objek yang paling wajib dikunjungi ketika ke pulau mursala.

Pulau ini bisa dicapai dengan menggunakan perahu yang disewakan. Oh ya FYI, pulau mursala tidak termasuk kedalam wilayah Kota Sibolga menurut administratifnya. Karena ini merupakan daerahnya Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Utara. Namun lokasi yang dekat dengan Sibolga, kenapa tidak kita kesana.

Lokasi Pulau Mursala


5. Pantai Kalangan


Pantai Kalangan memiliki keindahan yang unik. Sobat bisa melihat laut yang jernih dan jejeran bukit yang mengelilingi pantainya.

Pasir putih pantai ini menambah keindahannya, ditambah dengan beberapa wahana yang bisa sobat gunakan.

Untuk fasilitas juga sangat lengkap, sobat bisa bermain banan boat, atau lainnya. Juga tersedia penginapan jika sobat tidak mau buru-buru pulang.

Lokasi Pantai Kalangan


6. Pantai Pasir Putih


Hamparan pasir putih berpadu dengan birunya air laut menambah indahnya pantai ini. Dengan jernihnya air laut, sobat bahkan bisa melihat terumbu karang di dalam laut.

Bukan hanya itu pasirnya yang putih bersih dan lembut, akan membuat sobat merasa nyaman duduk bersantai berlama-lama.

Pulau Pantai Pasir Putih sangat cocok bagi sobat jika pemburu pantai yang berpasir putih bersih dan nyaman.

Lokasi Pantai Pasir Putih


7. Bukit Tor Simarbarimbing


Bukit Tor Simarbarimbing adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta ketinggian. Keindahan yang menakjubkan sangat sayang dilewatkan jika sudah berada di Kota Sibolga.

Diatas Bukit ini sobat bisa menikmati pemandangan Kota Sibolga yang cantik dipadu dengan Teluk Tapian Nauli semakin menambah ketakjuban sobat.

Tapi perlu diingat untuk mencapai bukit ini tidak bisa dengan kenderaan pribadi, hanya bisa dengan berjalan kaki. 

Namun tidak perlu khawatir disepanjang jalan sobat akan merasa senang karena ditemani alam yang indah juga disambut oleh penduduk setempat yang bersuku Nias

Disana adat dan budaya suku Nias bisa sobat nikmati sambil melakukan perjalanan ke atas bukit.

Lokasi Bukit Tor Simarbarimbing : Sibolga Ilir, Kec. Pasar Baru, Kab. Sibolga

8. Benteng Simare-Mare


Bagi sobat traveler pecinta sejarah. Jangan sampai melewatkan Benteng Simare-Mare yang memiliki nilai sejarah zaman dahulu.

Lokasi Benteng Simare-Mare yang strategis membuat sobat bisa menikmati keindahan bukan hanya Benteng Simare-Mare. Tapi juga Kota dan Pantai.

Yap Lokasinya berada di Pusat Kota Sibolga, jadi selain sobat dapat menikmati Benteng Simare-Mare sobat akan disuguhkan Pemandangan Kota Sibolga dan Indahnya Pantai.

Lokasi Benteng Simare-Mare: Simare-mare, Kec. Sibolga Utara, Kota Sibolga

9. Batu Lubang



Batu Lubang atau Batu Lobang adalah Goa peninggalan zaman Belanda dengan panjang 20 meter Goa ini menjadi penghubung antara Kota Sibolga dan Tapanuli Utara.

Sesuai dengan namanya, Batu Lobang adalah batu yang berlobang yang biasa orang menyebutnya Goa Belanda. Tempat ini menjadi saksi bisu di era kolonialisme Belanda.

Bagi wisatawan selain mendapat nilai sejarah, juga akan melihat keindahan di dalamnya yang membuat hati bergerak untuk mengabadikannya dalam gambar atau video.

Lokasi Batu Lubang


10. Tangga Seratus


Jika belum puas menikmati pantai dan pemandangan Kota Sibolga, maka sobat wajib mencoba menaiki tangga seratus.

Tangga ini memiliki lebih dari seratus anak tangga hingga sobat bisa sampai kepuncaknya.

Diatas puncak tangga sobat akan dapat menikmati indahnya Kota Sibolga yang di kelilingi bukit dan pantai.

Lokasi Tangga Seratus



Penutup

Jika sobat sudah berada di Kota Sibolga, sangat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Namun dalam tulisan ini saya hanya merekomendasikan 10 daftar diatas.

Selain tempat wisata banyak juga wisata kuliner yang wajib sobat coba. Yang mungkin akan saya bahas kedepannya. 

Jangan lupa share artikel ini dan ikuti terus visitsumut.id